Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi, Dan Cara Membuatnya

Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi, dan Cara Membuatnya


Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi mungkin sering kita pertananyakan. Padahal, memiliki Akun Google Bisnis sangat diperlukan untuk para pelaku bisnis.

Lalu Apakah Akun Gmail Berbayar? Tentu tidak, fitur yang diberikan Google untuk pembisnis ini Gratis dengan persyarat yang mudah. Kalian hanya harus menyiapkan informasi dasar dari bisnis kalian.

Untuk lebih jelasnya tentang Akun Google Bisnis, simak ulasan berikut:

Pengertian dan Perbedaan Akun Google Pribadi dan Bisnis

Perbedaan Akun Google Pribadi dan Bisnis ini terletak pada fiturnya, Akun Google Pribadi hanya bisa dikelola oleh kita secara pribadi, namun untuk Akun Google Bisnis kalian dapat mengundang orang lain untuk mengelola akun ini dalam saru Platfrom.

Agar kalian tidak terlalu bingung saya akan jabarkan sedikit tentang pengertian Akun Google Pribad dan Akun Google Bisnis.

Pengertian Akun Gmail Pribadi

Apa itu Gmail Pribadi? Akun Gmail Pribadi adalah fasilitas emali yang diberikan oleh Google dan diperuntukan untuk keperluan pribadi. Jadi semua yang masuk dalam email ini hanya kalian secara pribadi yang dapat membaca dan mengelolanya.

Biasanya Akun ini digunakan untuk mengakses fasilitas Google, seperti membuat Blogger, Hangouts dan lainnya. Jika kalian mendaftar pada akun pribadi ini, kalian akan mendapatkan alamat akun @gmail.com.

Pengertian Akun Gmail Bisnis

Akun Gmaiil Bisnis atau biasa disebut Suite Gmail adalah fasilitas email yang diberikan oleh pihak Google yang diperuntukan khusus untuk mengelola bisnis. Jadi fitur yang diberikan oleh Google pun lebih mengarah kearah keperluan bisni kalian.

Akun ini sepenuhnya dikelola oleh seorang administrator, dan biasanya bebas iklan. Selain itu akun ini juga bersifat pribadi dan sangat aman, karena berisi data penting terkait bisnis kalian.

Cara Membuat Akun Gmail Pribadi dan Gmail Bisnis

Setelah kalian mengerti tentan perbedaan Akun Gmail Pribadi dan Bisnis, saya akan menjelaskan cara membuatnya agar kita dapat menggunakan fasilitas yang akan diberikan Google.

Berikut Caranya:

Cara Membuat Gmail Pribadi

Untuk membuat Gmail Pribadi ini tentu banyak diantara kalian sudah paham, bagi yang belum paham saya berikan caranya untuk membuat akun Gmail Pribadi melauli PC atau HP Android:

  1. Buka alamat www,gmail.com pada browser kalian.
  2. Klik Buat Akun, lalu pilih untuk diri sendiri.
  3. Setelah muncul kotak from pengisian, isi semua data dengan benar.
    Cara Membuat Gmail Pribadi

    • Nama Depan dan Nama Belakang: Isi dengan Nama Kalian. Jika terdiri dari 1 suku kata, maka isi nama depan dan nama belakang dengan kata yang sama, jika terdiri dari lebih dari 2 suku kata, isi 1 suku kata pada nama depan dan sisanya di nama belakang.
    • Nama Pengguna: Isi dengan alamat email yang kalian inginkan. Sebaiknya yang mudah kalian ingat. Kalian hanya dapat mengisi kolom ini dengan huruf, angka dan titik saja dengan minimal 6 karakter dan maksimal 30 karakter. Jika muncul tulisan berwana merah dengan kata "Nama pengguna tersebut telah digunakan, coba yang lain" kalian bisa mengakalinya dengan menambah angka pada bagian akhir.
    • Sandi dan Konfirmasi: Isi dengan sandi yang mudah diingat namun hanya kalian yang mengetahuinya. Kalian bisa menggabungkan dengan huruf besar/Kapital, angka, atau tanda baca/simbol.
  4. Jika semua sudah diisi dengan benar, kalian klik tombol Berikutnya.
  5. Isi nomer telpon kalian tanpa angka nol, setelah itu klik tombol Berikutnya.
  6. Setelah itu Pihak Google akan mengirim SMS berupa kode verifikasi. Kalian isikan kode itu dikolam verifikasi. Lalu klik tombol Berikutnya. Untuk Smartphone, pada tahap ini akan Google akan secara langsung mengarahkan kehalam selanjutnya setelah SMS verifikasi masuk ke HP yang sama.
  7. Pada tahap selanjutnya, kalian diminta kembali untuk mengisi from, isi semua dengan benar.
    • Alamat Email Pemulih: Ini berguna untu berjaga-jaga jika kalian lupa password nantinya, jika kalian belum mempunyainya kalian bisa mengosongkan.
    • Tanggal, Bulan dan Tahun kelahiran: Isi sesuai from tanggal kelahiran, bulan kelahiran dan tahun kelahiran kalian.
    • Gender: Isi dengan jenis kelamin kalian.
  8. Jika semua sudah diisi dengan benar, lalu klik tombol Berikutnya.
  9. Setelah itu klik tombol, Ya, Saya ikuti.
  10. Kalian akan diarahkan pada kolom Privasi dan Persyaratan dari fasiliatas Google ini. Kalian bisa baca, lalu klik tombol Saya Setuju pada bagian bawah kolom itu.
  11. Setalh itu kalian akan diarahkan pada kolom Workspace dari Gmail.
  12. Dan Selamat kalian sudah memiliki Email Pribadi Google.

Mudah bukan, kalian hanya perlu menyiapkan data pribadi dan mengisinya pada from yang disediakan. Karena ini akan kita gunakan untuk berbisnis, saya harapkan kalian mengisi dengan benar.

Cara Membuat Akun Gmail Bisnis.

Jika kaian ingin membuat akun email perusahaan gratis, kalian bisa menggunakan Gmail Bisnis ini. Karena seperti yang saya sebutkan diawal, selain gratis Gmail Bisnis ini cukup mempunyai banyak fitur.

Berikut cara membuat akun email perusahaan dengan Gmail Bisnis:

  1. Buka alamat workspace.google.com atau bisa juga dengan gsuite.google.com.
  2. Lalu Klik Mulai Uji Coba Gratis.
  3. Kalian akan diarahkan pada from, isi dengan benar.
    • Nama Bisnis: Isikan Nama Bisnis Kalian.
    • Jumlah Karyawan, termasuk Anda: Masukan jumlah karyawan, jika perorangan, maka kalian pilih hanya saya. Namun jika lebih dari 1 kalian bisa masukan jumlahnya.
    • Wilaya: Isikan lokasi negara bisnis kalian.
  4. Jika sudah terisi dengan benar, lalu klik Berikutnya.
  5. Kalian akan diarahkan pada from informais kontak. Isikan dengan benar.
    • Nama Depan: Isi dengan nama depan kalian.
    • Nama Belakang: Isi dengan nama belakang kalian. Jika nama kalian terdiri dari satu suku kata, maka isi dengan nama depan. Jika lebih dari dua suku kata, masukan dua atau lebih suka kata disini.
    • Alamat Email saat ini: Isi dengan email kalian yang aktif.
  6. Jika sudah diisi dengan benar, lalu Klik Berikutnya.
  7. Kalian akan diarahkan pada kolom pertanyaan, Apakah Bisnis Anda Memiliki Domain? Jika kalian sudah memiliki website aktif, kalian bisa memilih Ya, Saya memiliki domain untuk digunakan. Namun jika tidak ada maka pilih Tidak, Saya memerlukan domain.
    • Ya, Saya memiliki domain untuk digunakan: Kalian akan diarahkan pada kolam untuk mengisi domain kalian.
    • Tidak, Saya memerlukan domain: Kalian akan diarahkan untuk membeli domain baru di Google.
    • Saran saya kalian beli domain dulu di hosting lokal, karna harganya yang jauh lebih murah, dan bisa kalian masukan nanti. Namun jika kalian tidak mau repot, kalian bisa membelinya langsung di Google.
  8. Setelah sudah kalian akan diarahkan pada pilihan Selalu dapatkan info terbaru. Kalian bisa pilih ya, jika kalian butuh informasi dari Google dan fasilitas lain, pilih lain kali jika kalian belum membutuhkannya.
  9. Lalu kalian akan diarah kembali pada pilihan Beritahu pengguna. Ini berguna jika pengelola email ini lebih dari satu. Kalian bisa pilih ya jika pengguna lebih dari satu, dan pilih lain kali jika hanya kalian saja didalamnya.
  10. Setalah itu kalian akan diarahkan kembali pada from Cara Anda Masuk. Isi dengan benar.
    • Nama Pengguna: Isi dengan nama pengguna email ini, dan secara otomatis kalian akan mendapatkan email dengan akhiran web kalian.
    • Sandi: Isi dengan Password yang mudah kalian afal namun orang lain tidak tahu.
    • Lalu centang Saya Bukan Robot.
  11. Setelah itu kalian bisa mengklik Setuju dan Lanjutkan.
  12. Maka Selamat Akun Workspase kalian sudah dibuat.
  13. Kalian bisa klik Siapkan.
  14. Silahkan kalian Log In dengan Email yang sudah kalian buat tadi.

Itulah Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi beserta cara membuatnya. Begitu mudah dan simpel. Jika ilmu ini bermanfaat kalian bisa Share agar teman-teman kalian bisa mendapatkan manfaatnya.

Jika tidak dan masih banyak kekuarang, saya pribadi meminta maaf dan meminta saran masukan yang bisa kalian tulis dikolam komentar. Kalian juga bisa bertanya pada kolom komentar. Dan Selamat Berjualan.

Next Post Previous Post