4 Tips Menjadi Star Seller Shopee

4 tips menjadi star seller shopee

Star Seller Shopee mungkin sudah tidak asing lagi untuk para pengusaha online yang terjun di Marketplace ini. Namun banyak anggapan yang sulit menjadi Star Seller Shopee ini.

Jika kita tau cara dan tahapannya, tentu hal ini tidaklah sulit. Di tambah lagi sekarang untuk mendapatkan Tag Star Seller di Shopee ditaklah sulit.

Untuk kalian yang masih bingun tentang Star Seller Shopee dan cara mendapatkan tag itu, kalian bisa simak artikel berikut.

Pengertian Star Seller Shopee

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan kata Star Seller Shopee. Banyak yang toko di Shopee yang mempunyai tag ini dan memberikan banyak keuntungan. Lalu apa sebenarnya Star Seller itu?

Star Seller Shopee adalah sebuah penghargaan yang atau apresiasi yang diberikan oleh pihak Shopee untuk penjual yang aktif dan telah memberikan pelayanan terbaiknya.

Tag ini diberikan hanya untuk toko dalam Shopee yang tidak terkait dengan sebuah perusahaan, atau dengan kata laini Tag ini diberikan untuk mereka yang merupakan pelaku bisnis perorangan.

Untung dan Rugi Star Seller Shopee

Dalam program shopee ini pasti memiliki keuntungan dan kerugian untuk kalian yang berjualan di Shopee. Ini beberapa keuntungan dan kerugian menjadi Star Seller Shopee: 

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

  • Mendapatkan Tanda atau Tag Star dari Shopee

Munkin ini terdengar spele untuk kalian, namun jika kalian berada dalam kontek pembeli, kalian akan cinderung lebih percara dengan penjual.

  • Peringkat Pencarian Toko Yang Tinggi.

Shopee akan memproritaskan Star Seller miliknya, jadi ada kemungkinan barang yang kalian jual akan berada diatas. Tetapi kemungkinan itu juga sangat kecil jika tidak kita barengi dengan iklan.

Karena terdapat fitur naikan barang disetiap akun penjual Shopee yang membuat barang anda menurun secara perlahan.

  • Diskon Biaya Gratis Ongkir Extra.

Pelanggan yang datang dan berbelanja ditoko kita akan mendapatkan diskon ongkir, sesuai dengan kebijakan Shopee. Memang ini menjadi keuntungan pembeli, tetapi toko kalian sangat besar kemungkinannya terjadi transaksi dengan pelayanan ini.

  • Hadiah Top Up Untuk Saldo Iklan di Shopee dan Vucher Casback.

Kalian bisa menikmati bonus yang diberikan Shopee dalam progrramnya ini, seperti Cashback 3% ketika kalian mengisi saldo untuk iklan produk kalian.

Kalian juga bisa mendapatkan Voucher Casback eklusif dari shopee yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan pelayanan di toko kalian.

  • Bisa Upload Lebih Banyak Produk

Shopee sendiri membatasi banyak produk yang bisa diupload dalam toko anda. Dengan menjadi Star Seller Shopee kalian akan bisa mendapatkan lebih banyak barang yang bisa di Upload.

Perinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat 1: Penjual dengan No. KTP Foto, Email dan Rekening Bank yang belum terverifikasi dapat mengupload sebanyak 100 produk.
  2. Tingkat 2: Penjual dengan No. KTP, Foto, Email dan Rekening Bank yang sudah terverifikasi dapat mengupload sebanyak 2000 produck.
  3. Tingkat 3: Penjual Star atau Star+ dapat mengupload sebanyak 10.000 produk.
  4. Tingkat 4: Penjual Shopee Mall dapat mengupload sebanyak 50.00 produk.

Kerugian Menjadi Star Seller Shopee

  • Butuh Modal di Awal.

Pembayaran Star Seller di Shopee relatih lebih lambat, yaitu 3 hari setelah kalian mengirim No Resi. Jadi, kalian yang merupakan Dropshiper harus menyiapkan modal untuk membayar distributor kalian.

Atau kalian bisa mencari distributor yang mau mengirimkan barangnya dahulu dan menerima pembayaran setelah kalian menerima pembayaran di Shopee.

  • Persaingan Yang Ekstra Ketat.

Jangan terkejut jika kalian menemukan banyak persangan harga yang extra ketat. Ini disebabkan banyaknya pengunjung dan memancing banyaknya penjual, sehingga persaingan bukan lagi hanya di bidang kualitas ataupun servis, namun sudah masuk dalam bidang harga.

  • Akun Shopee Yang Sudah Berumur/Lama LebihAtau  Besar Kemungkinan Menang.

Akun yang sudah lama bisa menjadi prioritas untuk shopee dan lebih mudah mendapatkan penghargaan. Jadi cukup sulit untuk melawan akun lama Shopee dengan akun baru kalian.

Sulit bukan berarti tidak bisa. Kalian bisa memenangkan pertandingan ini dengan cara mengambil untung yang minim, atau kalian bisa melawan dengan metode SEO. Agar barang kalian muncul di mesin pencari seperti Google.

  • Dikenakan biaya Star Seller.

Biaya Star Seller di Shopee adalah 2%, namun untuk produk tertentu kalian dikenakan sebesar 1,5% dari setiap transaksi penjualan. Biaya admin ini akan dikenakan setelah seluruh potongan harga yang kalian berikan kepada pelanggan. Untuk daftar jenis barang star seller shopee bisa kalian download disini.

Agar lebih jelasnya perhatikan gambar tabel berikut:

tabel perhitungan biaya admin Star Seller Shopee

Syarat dan Cara Mempertahankan Star Seller Shopee.

Untuk menjadi Star Seller di Shopee tentu kalian harus memenuhi syarat yang diberikan pihak Shopee, karena Shopee juga harus menjaga kualitasnya dalam menyediakan pelayanannya. Berikut Syarat yang harus kalian lewati

Syarat menjadi Star Seller di Shopee.

  1. Telah mengirim detail No. KTP, dan sudah disetujui oleh pihak Shopee.
  2. Balasan Chat dengan presentase lebih dari 70%.
  3. Mendapatkan penilaian toko lebih dari 4,5.
  4. Presentase dari jumlah pre-order kurang dari 20% dalam 30 hari terakhir.
  5. Jumlah transaksi lebih dari 30 pesanan dalam 30 hari, atau bisa dengan pendapatan bersih  lebih dari Rp. 20.000.000 dalam 30 hari.
  6. Jumlah pembeli unik/berbeda lebih dari 10 dalam waktu 30 hari.
  7. Jumlah point saat ini pinalti kurang dari 2.
  8. Tidak terdapat riwat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada akun, atau penyalahgunaan dalam semua program Shopee.
  9. Tidak menjual barang-barang yang dilawang dalam program Star ini. 

Jika kalian sudah mengecek dan memenuhi syarat diatas, kalian akan mendapatkan notifikasi dari pihak Shopee, dan secara otomatis toko kalian akan menjadi Star Seller Shopee.

Cara Mempertahankan Star Seller Shopee

Pihak Shopee akan terus memantau performa toko anda, jadi sangat mungkin jika kalian kehilangan Star Seller ini. Namun kalian masih bisa mempertahankan dengan cara:

  • Membalas dengan chat dengan cepat.
  • Mempertahankan penilaian toko kalian.
  • Tetap menyediakan barang pancingan dengan harga yang terjangkau 2 sampai 3 produk.
  • Tidak menggunakan cara curang yang berpotensi menambah point pinalti..
  • Tidak menjual barang yang dilarang pihak Shopee.

Tips Sukses Menjadi Star Seller Shopee

  1. Fokus pada 2 sampai 3 produck saja dan carilah produk yang banyak dijual dan sering dicari pembeli dengan harga yang berada antara Rp. 50.000 atau dibawahnya. Jika bisa selama program pencapaian target ini, kalian tidak mengambil untung dulu. Namun jika merasa tidak memungkinkan, kalian bisa menambahkan untung kecil saja.
  2. Dari 2 sampai 3 produk ini, carilah ulasan dari luar Shopee. Tawarkan dulu pada Marketplace lain semisal Facebook Marketplace, Instagram dan lainnya lalu arahkan kepada toko Shopee anda. Ini bertujuan untuk mendapatkan ulasan dari pembeli anda.
  3. Pasanglah iklan dengan bid murah untuk 2 sampai 3 produk ini. Jika kalian sudah melakukan langkah 1 dan 2 namun barang kalian berada dibawah, ini akan menjadi hal yang percuma, dengan memasang iklan barang kalian paling tidak terlihat oleh pelanggan. Kalian bisa memasang pada iklan pencarian dan iklan produk serupa.
  4. Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan, jika kalian memiliki modal lebih, kalian bisa menjualnya 2 sampai 3 produk ini lebih murah dari Supplier. Kalian bisa rugi diawal, namun setelah menjadi Star Seller Shopee kalian bisa meriset ulang dan mencari untung.

Itulah 4 Tips Menjadi Star Seller di Shopee. Kalian bisa mempraktekan cara ini dan menjadi Star Seller baru di Shopee. Selamat Berjualan.

Previous Post