Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Android Dengan Mudah Dan Gratis

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Android Dengan Mudah Dan Gratis

Mengembalikan File Yang Terhapus Di HP


Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP. pakah kalian pernah mengalami tidak sengaja menghapus file atau data yang penting dari HP Android kalian? Jika memang pernah hal tersebut Pasti membuat panik bukan? Kalian tidak perlu panik sebab sobatedu pada kesempatan kali ini akan menyajikan artikel yang akan mengulas mengenai beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di HP android dengan mudah. 

Handphone merupakan perangkat elektronik yang banyak mendukung berbagai macam aktivitas, seperti tugas kerja, tugas sekolah sampai menyimpan data yang penting. Akan tetapi Ketika kalian secara tidak sengaja menghapusnya tentunya akan membuat sangat bingung dan pastinya membuat panik.

Pada era modern saat ini, perkembangan teknologi sudah begitu pesat, sehingga kalian tidak kesulitan lagi dalam menyimpan suatu data penting. Sebab ponsel zaman sekarang sudah dirancang supaya bisa menyimpan berbagai macam file yang dimiliki penggunanya. 

Ada Beberapa cara yang dapat mengembalikan file yang terhapus di HP Android yang bisa dikatakan mudah. Apalagi saat ini ponsel Android sudah selalu terkoneksi ke berbagai macam cloud storage. Fasilitas tersebut bisa kalian manfaatkan dan gunakan untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus. Berikut ini adalah beberapa ulasannya.

Tips Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android 

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di HP


Sejatinya kalian tidak perlu terlalu khawatir dan bingung jika secara tidak sengaja menghapus suatu file, karena memang secara dasar seseorang tidak luput dari kesalahan yang tidak bisa di hindari. Berikut ini adalah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus dengan mudah.

1. Aplikasi Dumpster

Tips yang pertama untuk mengembalikan file yang terhapus di HP seperti video dan lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Dumpster. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Pertama download dan install aplikasi Dumpster di Google Play Store. 
  • Kemudian beri izin aplikasi ini supaya bisa mengakses memori penyimpanan ponsel android kalian.
  • Buka aplikasi tersebut dan halaman utama aplikasi biasanya akan muncul file yang sudah pernah terhapus. Kalian dapat kategorikan file apa saja yang ingin kalian cari melalui tombol Dumpster yang terdapat pada bagian atas, selanjutnya pilihlah kategori sesuai keinginan kalian.
  • Selanjutnya jika kalian ingin mengembalikan file tersebut, kalian bisa tekan datanya, dan pilih Restore. Maka secara otomatis file tersebut akan muncul kembali pada folder terakhir dimana file itu tersimpan sebelumnya.
  • Namun jika file yang terhapus tersebut belum berhasil ditemukan, kalian bisa tekan tombol tiga garis yang bertumpuk pada bagian kiri atas layar, kemudian coba tekan Deep Scan Recovery.
  • Biasanya file-file tersebut akan muncul akan tetapi, Cuma ada tiga kategori pilihan file saja yang muncul seperti Audio, Images, dan videos. 
  • Untuk dapat mengembalikan file tersebut tekan tombol Restore to Gallery.

2. Google Photos

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi Google Photos. Ya, Aplikasi ini adalah aplikasi dari Google yang dapat menyimpan berbagai macam foto dan bisa juga mengembalikan foto yang terhapus di HP. Caranya bisa dibilang sangat mudah, kalian cuma harus masuk terlebih dahulu ke aplikasi Google Photos. 
Lalu kalian periuksa pada menu Trash. Didalam menu Trash akan ditampilkan foto-foto kalian yang pernah terhapus. Untuk mengembalikan foto tersebut, kalian hanya perlu tekan tanda panah di samping simbol tempat sampah. Maka secara otomatis data kalian yang sudah terhapus akan kembali lagi. Google Photos juga bisa mengembalikan data yang tersimpan pada menu trash 60 hari sebelumnya.

3. Google Drive

Aplikasi ini masih buatan Google juga, yang salah satu fungsinya bisa mengembalikan file yang terhapus. Akan tetapi Cuma bisa berlaku saat data yang sudah terhapus sebelumnya sudah di simpan ke dalam penyimpanan Google atau Google Cloud. Cara kerjanya juga terbilang sama dengan Google Photos. Pertama kalian perlu terlebih dahulu masuk ke dalam fitur trash kemudian pilih data yang akan dikembalikan.

4. DiskDigger

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi DiskDigger. DiskDigger merupakan sebuah aplikasi yang dapat kalian download secara gratis di Google PlayStore. Aplikasi ini juga diklaim dapat mengembalikan data atau file yang sudah terhapus dengan mudah.

Cara kerjan aplikasi ini mampu mencari file yang sudah terhapus pada microSD ataupun memori internal.

Tapi sayangnya, file yang dapat dikembalikan merupakan file-file yang sudah terhapus setelah kalian memasang aplikasi DiskDigger pada ponsel kalian. Selain itu, supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal direkomendasikan untuk root terlebih dahulu HP kalian.

5. EaseUS MobiSaver

Aplikasi ini juga diklaim mampu mengembalikan file yang terhapus di HP dengan mudah. File seperti music, video, foto bahkan kontak yang sudah terhapus baik akibat tidak sengaja atau karena virus bisa dikembalikan dengan cepat. Aplikasi ini bisa kalian download di Google Playstore.

Aplikasi ini bisa memulihkan file atau data yang sudah terhapus di HP Android dengan menggunakan atau tanpa menggunakan komputer. Aplikasi EaseUS MobiSaver juga dilengkapi dengan fitur preview before recovery yang bisa memudahkan kalian dalam memilih file apa saja yang ingin dikembalikan.

6. Recuva

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Recuva, kalian dapat menggunakan laptop atau PC sebagai alat bantu dalam mengembalikan file yang sudah terhapus di ponsel kalian.

Caranya terbilang mudah, cukup install aplikasi Recuva saja. Kemudian ikuti Langkah-langkah berikut ini:
  • Buka aplikasi Recuva pada laptop atau PC kalian.
  • Kemudian sambungkan ponsel ke PC atau laptop melalui kabel USB.
  • Kemudian pilih format file yang ingin kalian kembalikan.
  • Di sarankan untuk memilih format All Files. Sebab selain bisa mencari video atau foto yang sudah terhapus, bisa juga mencari file-file lainnya. Jika sudah, kalian klik Next.
  • Berikutnya pilih In a specific location. lalu pilih media penyimpanan ponsel kalian supaya recuva hanya mencari pada lokasi tersebut saja. Lalu tekan Ok.
Recuva akan secara otomatis mencari file yang sudah terhapus. untuk proses pencarian filenya sendiri membutuhkan waktu tergantung kepada banyaknya file atau data yang terdapat pada penyimpanan ponsel kalian. Apabila proses sudah selesai maka akan ditampilkan data yang sudah terhapus, kalian tinggal memilih data apa saja yang ingin dikembalikan.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Tanpa Menggunakan Aplikasi

Kalian juga bisa mengembalikan file, foto atau video yang sudah terhapus ponsel Android tanpa menggunakan aplikasi. 

Ponsel Android keluaran terbaru sekarang ini biasanya sudah dilengkapi dengan File Manager yang didalamnya terdapat fitur Trash. Fitur trash tersebut mempunya fungsi yang serupa dengan Recycle Bin pada PC ataupun laptop.

Cara kerjanya juga terbilang sama, data yang sudah terhapus umumnya tidak akan hilang secara permanen, Fitur Trash akan menyimpannya selama 30 sampai 60 hari. Kalian bisa mengembalikan data yang sudah terhapus tersebut dengan tekan tombol Restore.

Itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di HP android dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.


Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP Android Dengan Mudah Dan Gratis"