Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Terbaik Menghilangkan Lendir Pada Burung Kacer

6 Cara Terbaik Menghilangkan Lendir Pada Burung Kacer 

Burung Kacer



Lendir Burung Kacer. Selain radang tenggorokan, dengan adanya lender pada burung kacer juga bisa membuat kicau suara burung menjadi terdengar serak dan tidak enak didengar. Jika sudah seperti itu, sebagai pemilik burung harus mengetahui cara untuk menghilangkan lendir pada burung kacer agar kicauan suaranya Kembali terdengar merdu.

Sebagai pemilik burung juga harus mengetahui apa yang menjadi penyebab pastinya kenapa bisa adanya lender pada burung kacer. Dengan begitu, para pemilik burung bisa segera melakukan langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan benar. 

Berikut ini sobatedu akan membagikan tips cara menghilangkan lender pada burung kecer. Simak tipsnya dibawah ini. 

1. Bersihkan Lendir Menggunakan Cotton Bud

Burung Kacer yang mengidap lendir bisa menyebabkan ganguan pernapasan. Selain sangat berpengaruh terhadap kicauannya, lendir pada burung juga dapat mengakibatkan sesak napas dan bisa menyebabkan ke dalam permasalahan yang fatal. Apalagi jika lendir didalam tenggorokan sudah semakin banyak, jika tidak segera ditangani akan berakibat buruk pada Kesehatan burung tersebut.

Salah satu cara menghilangkan lendir pada burung Kacer yang bisa kalian lakukan adalah dengan membersihkan tenggorokan burung dari lendir. Gunakanlah cotton bud yang halus, kemudian bersihkan secara perlahan dan   hati-hati. Pastikan juga kalau cotton bud yang digunakan sudah dalam keadaan bersih dan steril.

Cara yang satu ini bisa dibilang perlu dilakukan dengan sangat focus dan hati-hati supaya burung kacer tidak tersedak cotton bud. Keadan bisa lebih mudah apabila burung Kacer sudah keadaan jinak. Buatlah burung tersebut menjadi nyaman terlebih dahulu sebelum mulai melakukannya.

2. Jangan Terlalu Sering Dimandikan

Perlu kalian ketahui cara menghilangkan lendir pada burung Kacer berikut ini adalah dengan cara jangan terlalu sering memandikan burung tersebut. Memang burung yang dipelihara didalam kandang nantinya akan dimandikan oleh pemiliknya sekitar satu sampai dua kali dalam satu minggu. Akan tetapi sebenarnya, burung juga bisa memandikan dirinya sendiri dengan cara mencelupkan kepalanya ke air yang biasanya sudah disediakan di dalam kandang oleh para pemiliknya.

Kalian perlu memperhatikan efektifitas jumlah mandi burung tersebut. Sebaiknya jika burung kacer sedang dalam keadaan mengidap lendir, jangan sering dimandikan dahulu. 

3. Letakan Burung Kacer Pada Area Yang Hangat

Apabila burung Kacer sedang mengidap lendir di tenggorokannya, umummya terjadi karena burung tersebut mengalami kedinginan. Maka ada baiknya jika burung kacer dipindahkan ke dalam kandang atau lokasi ruangan yang memiliki suhu hangat. Jangan terlalu lama membiarkan burung didalam keadaan kedinginan, karena dapat menyebabkan lendir semakin banyak. 

Sangat disarankan untuk memasukan burung Kacer ke dalam ruangan rumah, karena ruangan rumah bisa membuatnya menjadi lebih hangat. Akan tetapi apabila kalian menginginkan agar burung tersebut tetap berada di pekarangan rumah, ketika malam hari nanti tutup kandang burung kacer dengan kain. 

4. Gunakan Cara Gurah

Cara gurah dengan menggunakan daun Lateng Putih dipercaya dapat membersihkan lendir ditenggorokan burung Kacer. Caranya kalian pakai kurang lebih 6 helai daun Lateng Putih lalu remas sampai airnya keluar. Kemudian teteskan air daun Lanteng tersebut sebanyak 4 tetes ke mata burung. Nantinya burung kacer tersebut akan melemah sampai10 menit.

Selanjutnya kalian pegang burung tersebut dengan posisi kepala burung berada di bawah agar lendir ditenggorokan lebih cepat keluar. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal kalian bisa sambal memijat tenggorokan burung secara lembut. Apabila dirasa sudah cukup, kalian bisa bersihkan mata burung kacer dengan menggunakan air bersih. 

5. Perhatikan Ukuran Pakan Burung Kacer

Burung Kacer yang sedang mengidap lendir di tenggorokannya, ada baiknya agar diberikan pakan yang berukuran kecil. Agar memudahkan burung untuk menelan makanan tersebut, sebab jika ukuran makanan terlalu besar bisa terhambat oleh lendir tersebut dan tidak dapat ditelan.

Pakan yang bisa kalian berikan boleh apa saja, sesuaikan saja denga jenis burung masing-masing. Yang terpenting adalah ukuran makanan tersebut harus disesuaikan dengan lebar dari organ pencernaan burung kacer. 

6. Beri Suplemen atau Multivitamin

Suplemen akan sangat berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh burung Kacer. Apabila daya tahan tubuh meningkat, kemudian nutrisi burung tercukupi, maka proses penyembuhan akan menjadi lebih cepat. Lendir di tenggorokan dapat cepat menghilang dan kicauannya akan bisa Kembali seperti sediakala. 

Akan tetapi perlu diperhatikan juga, kalian jangan sembarang memberikan mulvitamin pada burung. Apabila kalian tidak mengetahui multivitamin atau suplemen apa yang cocok bagi burung kacer, kalian bisa menanyakannya kepada orang yang lebih paham dan pengalaman dalam hal ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan lendir pada burung kacer yang bisa kalian coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Posting Komentar untuk "6 Cara Terbaik Menghilangkan Lendir Pada Burung Kacer"