Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Reksadana Bagi Pemula

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Reksadana Bagi Pemula

Investasi Reksadana


Investasi Reksadana. Reksadana merupakan suatu tempat yang dipakai masyarakat dalam berInvestasi di instrument pasar keuangan yang ada. Reksadana juga merupakan salah satu dari jenis Investasi yang tidak sulit untuk dijalankan. Biaya yang dibutuhkan dalam Investasi Reksadana juga terbilang tidak terlalu besar dan sangat cocok bagi para ibu rumah tangga.

Sebelum kalian mau memulai menggunakan Reksadana sebagai jenis  Investasi, kalian juga harus lebih dahulu tahu apa saja kelebihan serta kekurangan terkait Reksadana itu sendiri. 

Memang bisa dibilang hampir tidak ada jenis Investasi yang tidak mempunyai risiko serta kekurangan, maka ada baiknya sebelum memulai menggunakan Reksadana kalian harus paham dan mengerti. Agar kalian bisa lebih siap jika Investasi tersebut tidak sesuai dengan yang kalian harapkan. 

Bagi para pemula pun sama, mempelajari semua hal terkait Reksadana termasuk Kelebihan dan kekurangan Investasi tersebut merupakan salah satu hal yang sangat penting. Tujuannya adalah agar kalian bisa lebih siap terhadap Segala kemungkinan yang bisa terjadi di masa yang akan datang. 

Pada kesempatan kali ini sobatedu akan membagikan terkait kelebih dan kekurangan Investasi Reksadana. Bagi kalian yang baru akan memulai terjun langsung ke Investasi ini, kalian bisa simak pembahasannya berikut ini.  

Kelebihan dari Reksadana

Kelebihan Investasi Reksadana

Reksadana adalah salah satu instrumen Investasi yang sekarang ini menjadi yang termudah. Hal tersebut karena Investasi Reksadana dapat dilakukan dengan apa saja, termasuk dengan fintech diantaranya Linkaja dan OVO. Melihat Kelebihan Reksadana tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi banyak nasabah yang ingin mengikutinya. 

Kelebihan lainnya yang bisa kalian rasakan adalah untuk memulainya tidak membutuhkan biaya yang besar, kalian bisa memulainya dengan nominal kecil seperti Rp. 10.000. Dengan nominal tersebut kalian sudah mulai bisa berInvestasi di Reksadana dengan mudah, hal tersebut juga menjadi salah satu alasan yang bisa kalian pilih untuk memulai Investasi ini. Kalian saat ini sudah tidak bisa lagi untuk mengatakan tidak bisa berInvestasi dikarenakan tidak mempunyai modal, sebab Reksadana dapat dimulai dengan nominal yang kecil.

Dana yang sudah kalian Investasikan di Reksadana akan dikelola oleh orang-orang yang sudah profesional dalam bidang Investasi, dan sudah terpercaya. Kalian nantinya tidak perlu memikirkan kemana uang yang telah kalian Investasikan ataupun kemana uang tersebut mengalir, sebab kalian telah mempercayakan semuanya terkait Investasi ini kepada orang-orang yang sudah memiliki kopentensi dan dapat dipercaya dalam mengelola Investasi.

Kalian hanya tinggal menunggu hasilnya sambil melaksanakan aktivitas seperti pada umumnya. Perlu kalian ketahui jika Reksadana mempunyai potensi return yang terbilang tinggi meskipun awalnya dimulai dari dana atau modal yang kecil.

Kekurangan dari Reksadana

Kekurangan Investasi Reksadana

Memang dalam dunia Investasi sendiri tentunya kekurangan akan selalu berkaitan erat dengan risiko yang perlu kalian amati dan juga kalian pelajari. Seperti contohnya harga dari efek saham yang dapat mengurangi nilai dari Investasi dan hal tersebut nantinya akan masuk ke dalam portofolio Reksadana kalian.

Kekurangan tersebut tentu saja akan menjadi bagian yang paling penting di dalam jenis Investasi Reksadana. Ada juga risiko likuiditas yang mempunyai pengertian sebagai perintah penjualan yang dibayar terlambat. Hal tersebut juga tentu saja tidak dapat diterima oleh beberapa para nasabah.

Tidak jarang juga muncul biaya tambahan yang disebabkan karena kalian menyerahkan dan mempercayakan manajer Investasi yang bekerja mengelola uang kalian. Sebenarnya hal tersebut hampir sama dengan memakai suatu jasa, jika kalian mengunakannya maka kalian harus membayar biaya tambahan tersebut Ke manajer Investasi yang kalian gunakan. Namun kalian tidak usah cemas sebab laporan biaya  tambahan ini selalu muncul di setiap bulannya pada keterangan laporan tertulis yang akan kalian terima.

Bisa juga risiko yang muncul disebabkan karena pengaruh dari ekonomi serta perapolitikan yang sedang terjadi di Indonesia tanpa kita sadari. Maka dari hal tersebut, sangatlah penting bagi seseorang untuk mempelajari dan membakali diri terlebih dahulu terkait dengan pengetahuan mengenai Reksadana sebelum memulai Investasi tersebut. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Investasi Reksadana. Kami berharap dengan membaca artikel ini bisa membantu kalian yang ingin memulai Investasi Reksadana. Semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat. Simak artikel menarik lainnya di sobatedu.com.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Investasi Reksadana Bagi Pemula"