Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghindari Kerugian Investasi Reksadana

Tips Menghindari Kerugian Investasi Reksadana

Investasi Reksadana

Investasi Reksadana. Saat ini sudah terdapat begitu banyak jenis investasi, yang tidak jarang membuat sebagian orang menjadi merasa kebingungan untuk memilih. Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan terlebih dahulu, mulai dari jenis sampai pilihan investasi yang bisa menghasilkan menguntungkan. 

Kemudian perlu juga diperhatikan apakah jenis investasi yang akan kalian pilih aman serta resmi, jangan sampai malah jadi kebalikannya. Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak dipilih.

Sama seperti jenis investasi lainnya, dimana akan ada kelebihan dan kekurangan berinvestasi reksadana masing-masing. Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang besar atau bisa saja kerugian, maka dari itu hal terpenting yang harus kalian perhatikan adalah bagaimana cara untuk menghindari kerugian dari investasi reksadana.

Faktor Yang Menyebabkan Investasi Reksadana Bisa Merugikan

Banyak orang berpikir jika berinvestasi akan merugikan, termasuk investasi reksadana.  Sebaliknya, justru dengan berinvestasi bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Dalam belajar investasi hal utama yang perlu kalian ketahui dan pelajari adalah tentang risiko dalam berinvestasi. Kalian wajib untuk bisa memahami bagaimana cara terhindar dari risiko yang kapan saja bisa terjadi.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab beberapa orang mengalami kerugian, salah satunya adalah karena kurangnya  pemahaman tentang reksadana itu sendiri. Banyak yang masih menganggap jika reksadana serupa dengan tabungan serta deposito. Padahal semua itu tidaklah sama bahkan risiko dari reksadana sendiri jauh lebih besar dibadingkan dengan tabungan dan deposito

Cara Menghindari Kerugian Reksadana

Cara Menghindari Kerugian Investasi Reksadana


Selain karena kurangnya pemahaman dari para calon investor mengenai reksadana, masih ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kerugian. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menghindari kerugian dari investasi reksadana.

1. Periksa Legalitas Reksadana

Kalian disarankan sangat wajib untuk memeriksa terkait legalitas dari jenis reksada terlebih dahulu. Kalian harus bisa memastikan jika Manajer Investasi dan pilihan produk reksadana telah mengantongi izin dari OJK sebelum kalian pilih. Hal tersebut perlu dilakukan supaya kalian tidak salah pilih dan terjebak ke dalam investasi bodong atau ilegal yang biasa dilakukan oleh beberapa oknum tidak bertanggung jawab.

2. Lakukan Diversifikasi

Diversifikasi sendiri adalah investasi yang dilakukan ke dalam sejumlah produk reksadana yang bertujuan untuk membagikan beberapa risiko yang ada. Cara ini juga dikatakan akan bisa menambah investasi reksadana dengan beragam jenis produk yang bermacam-macam. Hal ini perlu kalian lakukan untuk memeriksa dana saham ketika sedang mengalami kerugian ataupun penurunan nilai.

3. Pilih Jenis Reksadana yang Minim Risiko

Bagi kalian yang akan menjadi investor pemula, maka kami sarankan agar kalian memilih jenis reksadana yang minim akan risiko. Kalian bisa memilih reksadana pasar uang yang merupakan jenis reksadana minim risiko. 

Banyak yang memilih berinvestasi dengan reksadana karena memang menguntungkan. Terlebih jika return yang ditawarkan jauh lebih tinggi dibanding dengan tabungan ataupun deposito. Namun, terdapat juga beberapa risiko berinvestasi reksadana yang dapat terjadi. Maka dari itu disarankan bagi kalian yang baru memulai berinvestasi reksadana untuk memahami serta mempajari segala risiko tersebut serta juga wajib untuk tahu bagaimana cara menghindari kerugian berinvestasi reksadana tersebut. Itulah beberapa tips dalam menangani kerugian investasi reksadana, semoga artikel yang sobatedu sajikan bisa bermanfaat.


Posting Komentar untuk " Tips Menghindari Kerugian Investasi Reksadana"