Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot di Hp Android

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

Jaringan 4G adalah hasil pengembangan dari teknologi jaringan 3G dan 2G. Ada dua standar yang sudah digunakan secara komersial di dunia, yaitu standar WiMax dan standar Long Time Evolution atau disingkat LTE. Di Indonesia, jaringan 4G LTE sudah diluncurkan sejak tahun 2013 oleh PT Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE. 

Meskipun sudah diluncurkan cukup lama, masih ada beberapa daerah di luar kota besar yang masih sulit untuk menemukan sinyal jaringan 4G. Namun, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Menstabilkan Jaringan 4G

Cara Menstabilkan Jaringan 4G

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menstabilkan jaringan 4G agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti bermain game. Berikut adalah cara untuk menstabilkan jaringan 4G.

1. Pilihlah Preferensi Jaringan

Pada sistem operasi android, terdapat pilihan jaringan prioritas seperti 3G atau WCDMA, 4G LTE, dan GSM. Untuk mendapatkan jaringan 4G yang stabil dan kuat, pilihan jaringan prioritas harus diatur ke 4G LTE. 

Cara mengatur jaringan prioritas 4G LTE sangat mudah, cukup masuk ke menu "Pengaturan" atau "Setting" > pilih "Kartu SIM" dan "Jaringan Seluler" > pilih "Kartu SIM" lagi dan pilih "Prioritas 4G".

2. Aktifkan Mode Pesawat

Cara untuk menstabilkan jaringan 4G sangat mudah, yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat atau mode air plane pada smartphone. Setelah mati, tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali. Anda akan melihat perbedaan pada saat sebelum dan sesudah refresh.

3. Restart atau Mulai Ulang Android Kalian

Jika cara kedua yang dijelaskan sebelumnya tidak membuat jaringan 4G menjadi stabil atau lancar, ada alternatif lain yang dapat dicoba. Alternatif tersebut adalah dengan melakukan restart pada smartphone android. Setelah melakukan restart, koneksi internet biasanya akan kembali normal dan lancar.

4. Aktifkan 4G LTE Only

Jika ketiga cara sebelumnya tidak berhasil mengatasi masalah jaringan yang tidak stabil atau jaringan 4G tidak muncul sama sekali, ada alternatif lain yang dapat dicoba. Alternatif terakhir adalah dengan mengubah jaringan 3G menjadi 4G melalui panggilan dial. 

Caranya adalah dengan menekan ##4636## dan menghubungkannya. Setelah berhasil memanggil, akan ada beberapa pilihan untuk mengatur jaringan. Pilih kartu SIM yang digunakan untuk terhubung ke internet.

Untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G, klik pada pilihan yang ditampilkan sebagai "TD-SCDMA, GSM atau WCDMA, 4G LTE" dan cari pilihan "4G LTE ONLY". Setelah itu, secara otomatis ponsel akan melakukan pencarian jaringan yang Anda minta. 

Namun, jika setelah mencoba semua cara yang telah dijelaskan sebelumnya, jaringan 4G masih tetap buruk, Anda harus mencari tahu penyebab masalah tersebut. Misalnya, dari lokasi Anda saat ini, perangkat android yang Anda gunakan, dan kartu SIM yang digunakan.

5. Connection Stabilizer Booster

Connection Stabilizer Booster

Aplikasi Connection Stabilizer Booster ini dapat digunakan untuk menstabilkan jaringan 4G di daerah Anda. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur andalan, di antaranya fitur untuk menstabilkan sinyal dan otomatis reconnect jika sambungan internet terputus. Selain itu, terdapat juga fitur Force Connect yang dapat digunakan untuk menjaga koneksi jaringan 4G tetap lancar meskipun jaringan sedang sibuk atau tidak stabil.

6. Network Signal Speed Booster

Network Signal Speed Booster adalah aplikasi yang dikembangkan oleh MCStealth Apps. Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang dapat membantu Anda dalam menstabilkan sinyal jaringan 4G di tempat Anda. 

Beberapa fitur yang menarik dari aplikasi ini meliputi peningkatan penerimaan sinyal, peningkatan kecepatan internet, aktivasi koneksi data, peningkatan kualitas penerimaan sinyal saat panggilan, dan masih banyak lainnya.

7. Signal Guard Free

Signal Guard Free

Signal Guard Pro adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer Kevin - Zhang. Aplikasi ini dapat memperkuat sinyal jaringan 4G Anda dan memberikan peringatan jika sinyal di tempat Anda lemah. 

Aplikasi ini juga dapat meningkatkan tangkapan sinyal, sehingga koneksi jaringan 4G Anda akan lebih stabil dan tidak terputus. Ini akan membuat Anda lebih nyaman saat berselancar di internet dengan koneksi yang cepat dan stabil.

8. Open Signal

Open Signal

Memperkuat jaringan 4G tidak dapat dilepaskan dari sinyal. Oleh karena itu, aplikasi penguat sinyal seperti Open Signal adalah penting untuk diinstal pada ponsel Anda. Aplikasi ini akan memperkuat sinyal yang lemah yang masuk ke ponsel android Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mendeteksi sinyal WiFi yang tersedia jika koneksi internet ponsel android Anda sangat lemah.

9. HSPA+ Tweaker (3G Booster)

HSPA+ Tweaker (3G Booster) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Brothers Rovers yang dapat digunakan untuk memperkuat jaringan pada perangkat android. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir tentang lag saat bermain game online, melakukan panggilan video atau suara, streaming YouTube, bermain media sosial, dan lain-lain.

10. Internet Booster & Optimizer

Internet Booster & Optimizer adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat jaringan 4G pada perangkat android Anda. Aplikasi dari Boosting Tools ini memiliki fitur MTU (Maximum Transmission Unit) melalui jalur TCP/IP, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman berselancar di internet dengan koneksi cepat dan stabil. Selain itu, aplikasi ini juga akan secara otomatis meningkatkan kecepatan internet pada perangkat android Anda.

11. Ping Tools Pro

Ping Tools Pro adalah aplikasi yang perlu Anda coba untuk membantu Anda menstabilkan jaringan 4G pada ponsel pintar Anda. Aplikasi dari StreamSoft ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti melihat status koneksi jaringan, melihat IP dari router WiFi, dan berbagai informasi tentang ISP. Namun, aplikasi versi pro ini berbayar dengan harga Rp19.000 jika Anda mengunduhnya dari Play Store.

12. Speedify VPN

Selain dapat digunakan sebagai Virtual Private Network (VPN), aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menstabilkan jaringan 4G pada perangkat android Anda. 

Salah satu fitur menarik pada aplikasi ini adalah bahwa jika koneksi WiFi yang Anda gunakan terlalu lambat, aplikasi ini akan secara otomatis mengalihkan ke koneksi 3G atau 4G. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir tentang masalah jaringan atau sinyal yang tidak stabil.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menstabilkan jaringan 4G agar dapat bermain game atau streaming video secara online dengan cepat, lancar dan stabil. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam menstabilkan jaringan 4G pada perangkat android Anda.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot di Hp Android"